Rabu, 12 Maret 2008

Mengambil Keputusan


"Orang yang bisa memutuskan adalah sebuah kekuatan di dunia ini" (Anonim)

Ada kualitas akal budi di antara kualitas lainnya yang tampaknya punya peran dalam keberuntungan kita bila dikombinasikan dengan bakat atau malah bakat menjadi hancur kalau tidak disertai akal budi. Inilah kualitas akal budi yang bila disertai keadaan mendukung akan bertindak dengan ketepatan matematis.
Sebagai bantuan untuk mencapai keputusan yang tepat dalam hidup, pertama-tama kita memerlukan fakta. Kita tak dapat memutuskan secara tepat tanpa adanya fakta. Setelah dilengkapi berbagai fakta itu, kita seharusnya tidak ragu lagi menghadapi tugas membuat keputusan yang tepat. Bila keputusan itu ternyata keliru, pengalaman ini bisa digunakan dalam pengambilan keputusan di masa mendatang bila menghadapi masalah serupa.
Jangan menyandarkan diri pada orang lain agar membuat keputusan bagi Kita. Hal ini sangat merusak. Banyak dari kita yang lari kepada orang lain setiap kali memerlukan pengambilan keputusan. Pengetahuan praktis legal biasanya hanya berhubungan dengan hal yang menyangkut hukum. Namun sebenarnya bidang hukum merupakan suatu bidang yang luas. Kita harus mencari pertimbangan dari orang yang ahli dalam bidang bersangkutan, tetapi keputusan tetap di tangan kita.
Kita tak akan berkembang menjadi pribadi sejati kalau kita tidak belajar untuk berdiri di atas kaki sendiri. Pengambilan keputusan harus dipraktekkan. Kita harus belajar untuk bergantung pada diri kita sendiri. Makin dini orang tua mengajarkan pengambilan keputusan kepada anak anaknya, makin baik hasilnya bagi pembentukan kepribadian anak.

Jangan takut pada kesalahan karena orang tidak pernah salah adalah orang tidak pernah berbuat apa-apa. Itulah yang telah dilakukan oleh maspoedjo (menjual motor tua untuk berusaha) Biarlah kepahitan itu menjadi pengalaman dan kekeliruan ini berguna untuk membuat langkah menguntungkan di masa depan. Dengan begitu, pengalaman pahit itu menjadi batu loncatan.
Perjuangan selalu berarti keputusan untuk membuat keputusan baik dalam jumlah lebih banyak dibanding keputusan jelek. Satu satunya cara untuk tidak membuat keputusan jelek adalah dengan tidak membuat keputusan sama sekali. Bersandarlah pada diri sendiri dan menjadi seorang pembuat keputusan.

Segera ambil keputusan untuk bergabung bersama kami melangkah pasti bersama Bisnis Tianshi, karena perubahan kecil dapat menjadi perbedaan yang besar. Keputusan untuk meraih masa depan ada ditangan anda.

Disalin oleh:
Nani Juhairani
Tianshi ID No.910.87886




Tidak ada komentar:

Posting Komentar